Mengenai Saya

Foto saya
Hello I'm amal, welcome to my blog here I share a letter format that you might be able to use. I hope I can share more. Follow my instagram @amalia_liem

Rabu, 08 April 2020

PENJELASAN NEGOSIASI, TAHAPAN NEGOSIASI & STRATEGI NEGOSIASI


        Negosiasi merupakan suatu cara untuk memecahkan masalah dan bernegosiasi adalah kemampuan yang bisa dilatih, bukan suatu bakat yang sudah ada sejak lahir, negosiasi bukan hanya tentang memenagkan kesepakatan. Seorang negosiator harus bisa melihat kedepan.

Tahapan Negosiasi
  1. Prepare/Planning > Tahapan dimana anda harus mempersipkan keseluruhan yang akan membantumu dalam negosiasi baik itu strategi, data, alternatif atau BATNA. Jangan hanya bergantung pada improvisasi karna persiapan merupakan kunci. Negosiasi adalah tahap yang rumit yang mana kita akan dihadapkan oleh pribadi yang memiliki kepentingan masing-masing tanpa tau apa yang akan terjadi.
  2. Definition and Ground Rules > Merupakan aturan dasar untuk membatasi cangkupan / pembahasan yang ada pada negosiasi. contohnya apakah negosiasi membutuhkan pihak ke tiga atau tidak & durasi agar pembahasan tidak merambat diluar topik.
  3. Clarification & Justification > Tahapan menjelaskan posisi dan tujuan yang diinginkan dan memberikan argument kenapa menginginkan posisi tersebut dan mengedukasi lawan tentang keinginan anda juga memahami/menganalisis reaksi lawan tentang penawaranmu yang telah disampaikan.
  4. Bargaining and Problem Solving > Tahapan tawar menawar dan pemecahan masalah negosiasi. Tahapan planning akan sangat berguna disini untuk mendukung argument mu seperti menunjukkan data, alternatif dan lain lain.
  5. Closure & Implementation > Tahapan untuk mengakhiri negosiasi dengan formalisasi mengakhiri kesepakatan membicarakan prosedur & implentasi solusi juga menjelaskan implemnetasi dan output yang diharapkan kedepannya dari yang telah disepakati dapat menggunakan MoU, MoM dan lain-lain.
Strategi Negosiasi menurut Roy J. Lewicki dan Alexander Hiam berdasarkan tujuan negosiasinya :


  1. Avoidance (Menghindari Negosiasi)
  2. Accomodation (Memberikan Keinginan Lawan Negosiasi)
  3. Competition (Berusaha Memenagkan Negosiasi)
  4. Collaboration (Menggabungkan Apa yang Diinginkan Kedua Belah Pihak)
  5. Compromise (Sama-sama Merelakan Sedikit Dari Apa yang Kedua Pihak Inginkan) 

Untuk dapat menentukan strategi yang harus digunakan kita hendaknya memperhatikan hal-hal berikut:


  1. Tujuan negosiasi, apakah substantif (berfokus pada hal yang sedang dinegosiasikan) atau relasional (berfokus pada hubungan dengan pihak lawan)
  2. Hubungan yang diinginkan, apakah jangka panjang atau sementara
  3. Latar belakang lawan negosiasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CONTOH SURAT BERITA ACARA SERAH TERIMA JABATAN KETUA ORGANISASI

BERITA ACARA SERAH TERIMA JABATAN KETUA UMUM HIMABIS Pada hari ini Jumat , tanggal empat bulan Desember d ua ribu lima belas, ka...